30 Jun 2012

Buah dari Sebuah Perbuatan

Permainan Game Online sekarang lagi membius anak – anak Indonesia, termasuk Bimo. Ia sangat tergila- gila akan Game Online. Ia sampai merelekan uang dan waktu hanya untuk bermain di warnet. Tapi itu dulu, sekarang dia bisa bermain tanpa harus ke warnet segala. Dia tinggal duduk manis di depan komputer di kamarnya yang baru dibelikan oleh ayahnya 2 bulan yang lalu. Ceritanya sih kata Bimo buat mencari tugas, tapi eh melengser dari janji sebelumnya.
    Besok UAS. Dia belum menyiapkan apapun. Dia tetap berkutik di depan komputer. Game Koin Bleng yang paling dia suka.Ya..gamenya Cuma nembak – nembak doang, tapi katanya seru. Bisa battle bareng teman – temannya.
    Tiba – tiba ketika Bimo sedang battle, ada suara keras menggangu konsentrasi Bimo
    “ Bimo,Bimo belajar sekarang. Gamenya matiin dulu, besok kan mau UAS. Nanti mama cabut internetnya lho..!! “teriak Ibu Bimo dengan nada agak marah
    “ Aduh mama, tunggu sebentar. Lagi seru nih ma “ jawab Bimo sambil menatap layar monitor.
    Karena geram akhirnya Ibunya Bimo membuka pintu, dan langsung mencabut stopkontak komputer.
“ Bimo, mama peringatkan sekali lagi. Jangan lagi maen komputer dari sekarang sampe selesai UAS nanti , Ingat itu “ kata ibunya Bimo sambil mencubit anaknya itu.
“ Ampun ma, ampun ma “ sahut Bimo dengan memelas
“ Yaudah sekarang buka bukunya, belajar! “ kata ibunya sambil sedikit membentak
“ Iya, m..a “ucap Bimo dengan muka agak kesal
    Akhirnya Ibunya Bimo keluar dari Kamar Bimo. Di dalam hati Bimo mendumel.
    “ Dasar mamake, masa gak tau anak muda sih. Padahal Bimo lagi asyik – asyiknya maen. Huh dasar mamake “
    Tiba – tiba dari luar terdengar suara knalpot mobil yang sedang keluar dari Rumah. Bimo mengintip dari jendela kamarnya, dan ternyata....
    “ Horee, mama lagi pergi.Pasti mau shopping bareng ibu – ibu arisanya, Horee.. Maen lagi ah mumpung lagi pergi mamanya “ ucap Bimo Girang
    Akhirnya Bimo langsung melemparkan buku yang tadi dibacanya dan langsung duduk lagi di Komputer dan memasang kabel komputernya lagi ke stopkontak. Sudah 2 jam Bimo asyik maen Game Online. Jam sudah menunjukkan pukul 18.00. Bimo heran kenapa ibunya belum pulang dari sejak pergi tadi. Bimo keluar kamar sebentar, dan mencari bibi yang biasa bantuin rumah.
    “ Bi, mama kemana sih, koq lama banget?? “ tanya Bimo sambil meminum segelas sirup dingin.
    “ Tadi sih kata Nyonya, mau pergi dulu arisan. Terus makan – makan bareng ibu – ibu komplek “ jawab Bibi
    “ Oh gitu ya, emang dasar ibu – ibu ya “ucap Bimo agak menyindir Ibunya.
    “ hehehe “ balas Bibi sambil tertawa diam
    Bimo langsung ke Kamar Mandi dan langsung Mandi. Setelah Mandi, bukannya langsung belajar tapi malah dia kembali ke aktivitas semula. Nongkrong di depan komputer kamarnya.Akhirnya jam 8 malam baru selesai main game dan Ibunya Bimo pun pulang. Karena sudah kelelahan bermain, Bimo langsung terkelengkup tidur.
    Kring..kring..kring, jam weker Bimo berbunyi nyaring dan menunjukkan pukul 5.15. Bimo langsung bangun dari tidurnya. Dan...
    “ Aduh hari ini UAS, belum ngapalin euy gara – gara maen game. Tapi, soalnya pasti gampang banget . Pak Dudung kan citel bikin soalnya. Pasti bisa lah gue mah “ ucap Bimo di dalam hatinya sebelum  masuk ke kamar Mandi.
    Akhirnya jam 6.15 ,Bimo sudah keluar dari kamarnya dan langsung menuju meja makan. Di meja makan sudah ada Bapak,Ibu,dan Kaka Bimo.
    “ Bimo,  kamu sudah belajar kan buat UAS “ tanya Ibunya Bimo sambil mengoles roti buat suaminya.
    “ So pasti, mom “ jawab Bimo santai.
    “ Nanti liburan semester mau ke Malaysia, jadi kamu harus dapet nilai bagus lho “
Ujar Bapanya Bimo masuk kedalam pembicaraan.
    “ Yang bener pa??, iya pasti ade dapet nilai bagus “ kata Bimo sambil berjanji
    Akhirnya Bimo sarapan sebentar dan langsung berangkat ke sekolah bersama kakanya menggunakan Mobil. Jam 6.50 Bimo sampai di sekolah . Jam 7.00 pun datang dan bel sekolah pun pun berbunyi nyaring yang menandakan UAS hari pertama. Pelajaran pertama hari ini adalah Matematika.
    “ Waduh, soalnya susah banget nih. Mana gak ngapalin. Bisa nilai 20 nih. Gawat “ kata Bimo didalam hati sambil melihat soal ujiannya.
    Trett. Bel pun berbunyi lagi dan menandakan ujian selesai. Bimo belum mengerjakan 30 soal dari 40 soal. Akhirnya dengan terpaksa Bimo menyerahkan lembar Jawabannya. Hari demi hari pun dilalui Bimo dengan tidak bisa mengerjakan soal UAS tersebut. Akhirnya setelah 2 minggu penyelenggaraan UAS dibagi raport. Dan hasilnya Raport Bimo pun banyak yang merah. Setelah pembagian Raport itu, di rumah Bimo.
    “ Bimo, ini apa-apaan. Raport kamu jelek banget “ teriak ibunya Bimo sambil marah – marah.
    “ Ya gak tau atuh ma “ jawab Bimo
    “ Ini liat , matematika nilai 56, sejarah nilai 50, Biologi nilai 48, trus Kimia nilai 28. Apa – apaan ini. Pokoknya acara ke Malaysia gak jadi dan satu lagi komputer di kamar kamu mau mama kasihkan ke Bibi. “ teriak Ibu
    “ Apa?, What the Hell??Mama please jangan dijual komputernya, please. “ ujar Bimo dengan wajah memelas.
    “ Pokoknya, komputer itu harus ditiadakan. Titik. “ Ucap ibu dengan bentak.
    Akhirnya Bimo langsung masuk ke kamar. Tiba – tiba kakanya menghampiri Bimo.
    “ Makanya, kalau lagi UAS jangan main komputer terus, inilah buah dari perbuatan kamu karena sering maen game terus “ kata kaka sambil menyasehati adiknya itu.
    Kakanya Bimo menasehati Bimo dan akhirnya Bimo mengerti dan sadar akan perbuatannya itu. Akhirnya Bimo meminta maaf kepada ibunya dan berjanji akan belajar lebih giat lagi.
   
   

0 komentar:

Posting Komentar